age 14

https://id.pinterest.com/pin/271201208795406716/

sedikit cerita, saya mempuyai adik yang cukup banyak. dan kebetulan lagi 3 adik setelah saya laki2. dan dua adik saya hanya berselang hanya satu tahun. saya sering memperhatikan jika adik lelaki saya menginjak usia umur 15 thn,mereka rata2 mempunyai emosi yang sulit yang dikendalikan,bahkan terkadang kemauan mereka pun sulit dimengerti juga.

karena notabene keluarga saya adalah pesantren. abah pun,memasukkan semua anaknya ke dalam ranah pesantren tanpa terkecuali. terakait kedua adik lelaki saya yangt tengah saya bahas.

sebut saja adib, dan yang satu lagi balya, jarak umur keduanya tidak terpaut jauh. dan entah kenapa di umur mereka yang sekarang, emosi keduanya tak terkendali, cenderung semua keinginannya ingin selalu dituruti dan dimengerti oleh semua orang. dan lebih parah nya lagi mereka merasa kalau mereka sudah dewasa. (hadehhhh..)

adib dan balya kedunya di masukkan ke dalam pesantren. beda ponpes, balya mesantren dikediri. dan adib mesantren di cirebon.

entah apa yang ada dibenak mereka. dua-duanya bermasalah. balya kabur pulang ke rumah. ummi sampai dibuat nangis. abah pun sampai jatuh sakit. belum selesa masalah. satunya, adib sakit. akhirnya dibawa pulang. dan sayangnya dia enggan kembali ke ponpes. tingkah keduanya cukup menguras fikiran bukan cuma abah dan ummi. adikku yang satunya yang tengah kuliah di prodi psikologi. membuat dia gemas.

dan setelah saya mencoba mencari tau. karena kejadian ini terulang bukan hanya sekali. melainkan semua adik laki2 saya yang tengah menginjak umur 14. persis.

Dari 14 tahun hingga seterusnya
Inilah tahap ketika anak lelaki tumbuh menjadi remaja. Di periode ini mulai munculnya emosi yang tak terkendali. Anda perlu mengarahkan emosi anak ke arah yang benar.

Ingatkan pada mereka bahwa segala hal yang dilakukan dengan emosi tidak akan berjalan baik. Oleh karena itu, ajarilah mereka untuk bertanggung jawab atas tindakan negatif yang terjadi karena emosi.

Tak hanya itu, pada masa ini Anda harus menjadi teladan bagi mereka. Jadilah orangtua yang memiliki perilaku baik, karena sebaik apapun yang diajarkan apabila perilaku Anda sebaliknya tak akan berpengaruh bagi mereka.

https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/catat-ada-tiga-tahapan-perkembangan-psikologis-anak-lelaki-180620r.html

Diterbitkan oleh miss kacamata

food fighter 1/4 /peminum kopi di pagi hari/ penyuka indomie original/ penyuka dongeng anak-anak/ berharap bisa berteman dengan angelina jolie dan raisa/ pecinta kocheng dan kaktus.

Satu pendapat untuk “age 14”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: