(REVIEW BUKU) HATI SUHITA

SINOPSIS

Alina suhita, perempuan dari trah darah biru pesantren dengan moyang pelestari ajaran jawa, sejak remaja terikat perjodohan. Ketika hari pernikahan tiba, gus birru suaminya, menumpahkan kekesalan dengan tidak mau menggauli suhita. Tinggal dalam satu kamar tapi tempat tidur terpisah sejak malam pertama pernikahan. Tanpa perbincangan apalagi kehangatan, namun bisa bersandiwara sebagai pasangan pengantin mesra ketika di luar.

Alina suhita begitu patuh. Khas tawadhu santri. Baginya, mikul dhuwur mendem jeru menjadi pegangan yang mutlak di terima dan dilakukan tanpa reserve.gejolak Hasrat seorang istri yang disambut penolakan terang-terangan suami, tepat ketika perempuan masa lalu suami muncul menjalin komunikasi layaknya sepasang kekasih, adalah penderitaan yang mengiringi konflik batinnya selama beberapa purnama.

Namun yang tersemat dalam nama suhita, adalah kekuatan tiada bandingan. Suhita menelan semua getir itu sendirian. Merebahkannya di dalam sujud, melantunkannya dalam ayat-ayat Tuhan yang ia hapal seluruhnya, juga tengadah doa di tempat orang-orang suci di semayamkan.

Mustika ampal dan pengabsah wangsa, menjadi ujung dari kisah cinta rumit dan dramatis ini. Bahwa cinta adalah kesediaan total untuk menerima takdir serta melepaskan diri dari segala hal yang berpotensi memusnahkan Bahagia!

Judul buku : hati suhita

Penulis        : khilma anis

Hal               :405

Penerbit      : telaga aksara

ISBN             :978-602-51017-4-8

Alina perempuan yang sedari kecil sudah terikat perjodohan dengan seorang putra tunggal yang bernama gus birru. Bahkan orang tua nya sudah mendoktrin bahwa alina segalanya, cita-citanya, dan tujuan hidupnya, hanya dipersembahkan untuk pesantren al-anwar. Pesantren mertuanya. Bahkan kyai dan bu nyai Hannah mertunya, mengusulkan untuk alina kuliah mengambil jurusan tafsir hadist. Padahal di lubuk hatinya ia menginginkan mengambil jurusan sastra. Semua itu di karenakan putra tunggal nya gus birru, dianggap tidak akan sanggup mengemban estafet kemimpinan pesantren. Karena hal tersebut alina yang yang di gadang-gadangkan akan melanjutkan estafet kemimpinanan di pesantren. Akan tetapi ia mencoba dengan segenap hati menerimanya.

“dimana buku Bertrand russelku?” dia mengernyitkan alis, menginterogasi ku. Aku cepat-cepat mengambil buku sejarah filsafat barat dari meja riasku. Tadinnya buku itu tergeletak terbuka di lengan sofa. Aku takut buku setebal itu menimpa pelipisnya saat ia begitu saja merebahkan kepala di sana. Maka aku membereskannya.

“gak usah mindah-mindah buku yang kubaca,” katanya cukup lantang, tanpa melirikku. Aku tak mungkin menjelaskan kecemasanku kepadanya karena itu sia-sia. Dia begitu dingin, hanya bicara seperlunya walaupun aku ini istrinya. Hal 09

Gus birru adalah seorang aktivis di kampusnya. Ia enggan bahkan terkesan tak peduli dengan pesantren kedua orang tuanya. Ia menjadi seorang aktivis kampus sehingga ia meneriakkan hak asasi, namun ia sendiri terkungkung. Ditambah lagi ada seseorang yang menarik perhatiannya.dia adik kelas di kampusnya. Ia bernama ratna rengganis. Gus tak bisa menghapus bayangan ratna rengganis dari fikirannya.

Lalu bagaimana gus birru dengan Aliana? Apakah alina mempertahankan biduk rumah tangganya? Dengan adanya ratna rengganis yang jua hilang dari gus birru?

Novel ini bergenre romance dan sejarah jawa.dengan berbagai karakter. Ditambah saya sangat menyukai sejarah. Novel ini recommed bgt. Dengan latar belakang pesantren. Awalnya saya sedikit greget dengan sikap alina yang lemah sekali. Ah tapi ia ternyata perempuan idaman.di tambah dengan sikap gus birru yang bikin gemash. Gus kenapa anda dingin sekali??? Huh

Alina mencintai gus birru. Dan gus birru mencintai rengganis. Hingga membuat sosok alina semakin tak terlihat di mata gus birru. Di tengah terpuruk nya alina, aruna selalu menenangkannya. hingga munculah kembali sosok kang dharma yang sempat membuat hati alina menghangat.

Jadi bagaimana kisah mereka? Bagaimana dengan hati alina yang kian melemah? Lalu siapa yang akan melanjutkan estfet kepemimpinan pesantren al-anwar? Apakah alina akan mempertahankan pernikahannya? Akankah ratna rengganis merebut gus birru dari alina? Mau tau ceritanya? Ayo baca dong…

Diterbitkan oleh miss kacamata

food fighter 1/4 /peminum kopi di pagi hari/ penyuka indomie original/ penyuka dongeng anak-anak/ berharap bisa berteman dengan angelina jolie dan raisa/ pecinta kocheng dan kaktus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: