belahan jiwa santri

Tanyakan ke sebagian santri, siapa belahan jiwa mu?? Mereka akan menjawab kompak, pulpen hitech seharga 20.000 rupiah. Untuk kantong santri yang notebene dituntut untuk mandiri mengolah uang dengan baik, dan dengan berbagai kebutuhan yang lain, pulpen dengan harga segitu. Sangat merogoh kocek jika tiba-tiba pulpen hitech hilang. Dengan kalang kabut akan mencari, bukan hanya karna soal harga saja. Karna bagaimana santri akan memaknai kitab jika si pulpen hitech bin mahal plus belahan jiwa hilang.

Suatu hal yang sangat sakral jika santri kehilangan hitech. Ia akan berubah, seolah patah hati. Wajahnya bermuram durja. Kata orang orang sih “muke lu kenapa? Kayak habis ditolak doi” padahal belahan jiwa nya entah kenapa rimbanya. Walhasil si santri dengan pasrah hanya jiping (ngaji kuping).

Iklan

genggaman-NYA

Gelanggang kehidupan ini selalu membuat lupa diri

Udara yang setiap detik kuhirup tanpa pernah

Sekalipun aku khawatir, kehilangan stoknya

Matahari yang tak pernah bosan menamppakkan wajahnya

Setiap pagi datang, aku pun tak pernah khawatir tak akan menemuinya esok…

Betapa sombong manusia ini, padahal hidupnya berada dalam genggamanNYA

Dengan percaya diri ia membusungkan dada

Bahwa hari esok, dari tahun berikutnya akan ia temui, “iya besok ya…”

Tanpa embel-embel insya allah

Manusia ini selalu melewati lorong yang bernama lupa diri

Dan hilang akal

Ia selalu lupa bahwa ia berada dalam

Genggeman NYA

elegi rindu

rindu tergugu. menerima kenyataan bahwa ia tak bisa memeluk rasa, asa dan cita. untuk terakhir kalinya.

rindu meringkuk memeluk kedua lututnya. diam. perasaannya sudah tak sanggup ia jabarkan lagi. perasaan marah dan rindu bercanpur. rindu tak sanggup lagi menahannya. ia menelungkupkan kepalanya. bulir bening mengalir di kedua pipinya. bayangan ketiga anak rasa, asa, dan cita berlarian di pelupuk mata.

rasa, dengan tingkah lembutnya bak putri di negri dongeng. dan asa yang tak pernah mengenal pupus. ia bagai penjaga keduanya (rasa dan cita). cita, siapa yang tak pernah mengenalnya. tawa lepasnya membuat siapa saja tertular cerianya.

ketiganya bagi kembar tapi bukan. terlihat sama karena sering bersama. tak ada pertalian darah diantara mereka. hubungan ketiganyalah yang membuat mereka sedekat urat nadi. dan mereka adalah belahan jiwa rindu.

rindu berjalan di tepi pantai. bayangan ketiganya berlarian seolah nyata didepannya.

rasa tersenyum anggun.

asa tersenyum jail.

cita tertawa lepas.

ketiganya berlari ke arahnya. membuka tangan mungil mereka. rindu merentangkan tangannya. hendak menerima pelukan mereka. yang ia tangkap hanya angin laut yang berhembus hampa.

rindu tergugu. semua hanya bayangan tampak nyata di pelupuk mata.

menjelang senja

review buku bilik bilik cinta muhammad

Judul buku   : bilik-blik cinta muhammad

Penulis         : dr. Nizar abazhah

Penerbit        : dar al-fikr

ISBN            : 978-602-290-077-1

Sinopsis

Apa yang dilakukan rasululllah sehari-hari dirumah? Bagaimana belum berinteraksi dengan semua istri-istrinya yang memiliki watak dan perilaku yang berbeda? Bagaimana beliau menghadapi sikap-sikap spontan mereka? Apa yang beliau obrolkan dengan istri-istrinya, pelayannya, dan para sahabatnya? Bagaimana beliau menyambut para tamu dan memperlakukan mereka? Seperti apa beliau berhubungan dengan anak-anak, kerabat dan tetangga?

Dan bagaimana ibadah nabi dirumahnya? Bagaimana kehidupan malam manusia teladan ini?

Dalam buku ini dikupas  tentang nabi muhammmad sedari kecil hingga beliau dewasa dan menikah, dan bagaimana keseharian belum bersama istri-istrinya. Bagaimana belum sangat memaklumi sikap cemburu para istrinya. Dengan bahasa yang enak dan lugas.

Cuplikan percakapan yang menarik

  • Aisyah berkata “wahai rasulullah, jika engkau turun ke sebuah lembah, disitu ada dua pohon, yang satu sudah dimakan ternak, yang satu lagi tidak, lalu dipohon mana untamu akan engkau gembalakan?”

“dipohon yang tidak digembalai ternak” jawab nabi

“akulah itu” tegas aisyah (hal 98)

  • Abu musa al-asyari berkata “tidak ada satu pun perkara yang sangat sulit bagi kami selaku sahabat nabi, kecuali ada jawabannya setelah kami tanyakan kepada aisyah” (hal 107)

Banyak buku yang menceritakan tentang kehidupan rasulullah. Buku ini sangat recomended untuk kalangan orang yang tengah memasuki rumah tangga, agar mentauladani rumah tangga beliau. Bagus untuk semua kalangan, bagaimana cara rasulullah mendidik istri beserta anak-anak beliau.

jadi kapan kalian mulai membaca?

age 14

https://id.pinterest.com/pin/271201208795406716/

sedikit cerita, saya mempuyai adik yang cukup banyak. dan kebetulan lagi 3 adik setelah saya laki2. dan dua adik saya hanya berselang hanya satu tahun. saya sering memperhatikan jika adik lelaki saya menginjak usia umur 15 thn,mereka rata2 mempunyai emosi yang sulit yang dikendalikan,bahkan terkadang kemauan mereka pun sulit dimengerti juga.

karena notabene keluarga saya adalah pesantren. abah pun,memasukkan semua anaknya ke dalam ranah pesantren tanpa terkecuali. terakait kedua adik lelaki saya yangt tengah saya bahas.

sebut saja adib, dan yang satu lagi balya, jarak umur keduanya tidak terpaut jauh. dan entah kenapa di umur mereka yang sekarang, emosi keduanya tak terkendali, cenderung semua keinginannya ingin selalu dituruti dan dimengerti oleh semua orang. dan lebih parah nya lagi mereka merasa kalau mereka sudah dewasa. (hadehhhh..)

adib dan balya kedunya di masukkan ke dalam pesantren. beda ponpes, balya mesantren dikediri. dan adib mesantren di cirebon.

entah apa yang ada dibenak mereka. dua-duanya bermasalah. balya kabur pulang ke rumah. ummi sampai dibuat nangis. abah pun sampai jatuh sakit. belum selesa masalah. satunya, adib sakit. akhirnya dibawa pulang. dan sayangnya dia enggan kembali ke ponpes. tingkah keduanya cukup menguras fikiran bukan cuma abah dan ummi. adikku yang satunya yang tengah kuliah di prodi psikologi. membuat dia gemas.

dan setelah saya mencoba mencari tau. karena kejadian ini terulang bukan hanya sekali. melainkan semua adik laki2 saya yang tengah menginjak umur 14. persis.

Dari 14 tahun hingga seterusnya
Inilah tahap ketika anak lelaki tumbuh menjadi remaja. Di periode ini mulai munculnya emosi yang tak terkendali. Anda perlu mengarahkan emosi anak ke arah yang benar.

Ingatkan pada mereka bahwa segala hal yang dilakukan dengan emosi tidak akan berjalan baik. Oleh karena itu, ajarilah mereka untuk bertanggung jawab atas tindakan negatif yang terjadi karena emosi.

Tak hanya itu, pada masa ini Anda harus menjadi teladan bagi mereka. Jadilah orangtua yang memiliki perilaku baik, karena sebaik apapun yang diajarkan apabila perilaku Anda sebaliknya tak akan berpengaruh bagi mereka.

https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/catat-ada-tiga-tahapan-perkembangan-psikologis-anak-lelaki-180620r.html

aku terjangkit FOMO?

fomo? apa sih itu fomo?

FOMO (fear of missing out) adalah suatu keadaan seseorang yang takut akan ketinggalan berita berita yang tengah viral, atau kurang update. ini adalah suatu keadaan yang mana sering terjangkit oleh generasi milenial, karna semakin maraknya pengguna media sosial, seperti instagram, facebook, twitter, dan lain lain.

para pengguna media sosial yang terjangkit FOMO biasanya mereka merasa cemas, ketika tidak selalu mengecek notifikasi, dan itupun yang saya rasakan ketika tidak melihat notifikasi. rasa cemas, dan rasa tidak nyaman yang berlebihan.

karna saya yang notabene tinggal diarea asrama. dan dilarang memegang alat elektronik yan bersifat pribadi. karna memang sudah disediakan rental komputer untuk mengerjkan tugas. saya sangat bersyukur karna ini membuat saya tidak ketergantungan dengan medsos yang tengah marak.

awalnya saya memang tau bahwa gagdet sangat berpengaruh bagi psikis para pengguna yang terlalu berlebihan. tapi saya tidak pernah tau jika punya nama atau istilah FOMO. dan saya pun mengalami gejala tersebut.

jadi bagi teman teman yang tidak bisa lepas dari gadget, cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit, untuk mengurangi ketergantungan tersebut. karna sesuatu yang berlebihan pasti selalu menghasilkan efek yang tidak baik atau negatif.

pertanyaan yang masing mengganjal? apakah blog juga termasuk medsos yang membuat ketagihan?

kreativitas tanpa batas

harusnya klarifikasi ini di instagram, gegara upload foto pake tote bag lirboyo, dan cuma iseng, ehhhh……….. malah pada mesen,

cerita dibalik tote bag

kejadian ini sudah setaun yang lalu. awalnya, ada acara dipondok, nah untuk memperingati harlah pondok, pengurus ngadain lomba life skill, lomba ini nuntut anak buat mikir kreatif, di kamarku, kita bingung mau cari bahan yang kek gimana, eh pas kita bersih2, ada kaos lorboyo yang di gigitin tikus disana sini, si vivi yang emang dari bawaan lahir udah kreatif, langsn tercetus ide “gimana kalau dibuat kayak tote bag?” dan kita akhirnya menyetujuinya. dan jadilah tote bag

sekali post, malah banyak yang ngchat, jum itu harganya berapa? beli dimana? (aduh tepuk jidat) dikira endorsment kali…. hahahaha

dan tote bag ini hanya milikku gaesss…. alhamdulillah, ini harusnya usulan buat kang2 yang buat kaos lirboyo.

setor hafalan atau setor nyawa?

sudah sangat maklum, bagi kita kalangan para santri setor hafalan seperti halnya nadzom, alqur’an dll. euforia sebelum setoran adalah satu hal yang sangat biasa santer terdengar, bahwa biasanya kita sudah sangat yakin dengan hafalan kita, ehh seketika hilang, hanya melihat wajah guru kita….

hal seperti itupun saya mengalaminya berkali-kali, padahal saya merasa semua yang saya siapkan sangat matang..

biarkan diera dewasa ini, saya ingin berbagi cerita, mungkin sudah sangat mainstream,…

setelah magrib, kulangkahkan kaki menuju “ndalem beliau”. dengan langkah kaki dan hati yang mantap. sesampainya di ndalem beliau. terdengar suara anak-anak yang lain yang telah tiba duluan, tengah memuraja’ah hafalan mereka. suara mereka yang serentak, dari kejauhan terdengar seperti lebah berdengung. suara lebah berdengung itulah yang selalu membuatk merindukan suasananya.

sebelum membuka alqur’an, aku memulainya dengan tawasul terlebih dahulu. baru kemudian aku memuraja’ahnya (berubah jadi lebah.. haha). hingga tiba di halaman kelima muraja’ahku, seketika suasana hening, senyap. tak ada lagi lebah berdengung. tak ada satu pun suara yang keluar dari rongga mulut. nafaspn seolah tertahan. serentak semua menundukan kepala (salah satu adab kepada guru). tidak ada satu pun dari kami yang berani mengangkat kepala. moment ini selalu berhasil membuat jantung siapapun berdetak lebih cepat.

derap langkah beliau halus, lembut. ketika beliau tiba, kami sudah berbaris rapi, mengular. aku mendapat barisan paling akhir karna aku datang sedikit terlambat. kemudian kumantapkan kembali hafalanku. mulutku komat kamit melafadkan alfatihah, menghadiahi beliau.

hingga tiba giliranku. seketika wajahku pias. butiran keringat dingin mulai keluar dari pelipisku. padahal in hanya setoran biasa, huhhhh setor hafalan rasa-rasa setor nyawa. aku mencoba fokus. aku memulai nya perlahan, hingga hilang nervousku. tiba -tiba di tengah hafalan, aku melafadkan nya seperti orangg berkumur. “aduh gimana ini?” batinku. beliau membetulkan hafalan ku, aku mengikutinya patah-patah. PLASSSSSS… semua hafalanku tiba-tiba menghilang,. rasanya ingin menangis, tegang kembali menyergapku.beliau menegurku kembali, aku mencoba fokus. ketika aku mencoba lagi. Alhamdillah beliau membenarkan, dan hingga akhir hafalanku mengalir, semua sudah kembali dalam memori. aku bernafas lega. setelah hafalanku berakhir beliau mendoakanku “barakallah” yang kuaminkan berkali-kali agar para malaikat yang hadir dalam majelis mengikuti mengamini. AMIN.

lawang sewu, punya cerita

jembatan lawang sewu,

Dulu…….tahun 2017. Pertama kali menginjakkan kaki ke bumi semarang, buat ngadirin wisuda mba ocha. Sekalian liburan keliling semarang, kan mumpung ada yang bayarin. Ekspektasi sih, ke daerah dingin. Eeehhhhhh….. tapi mba ocha malah bawa ke lawang sewu. Yah emang ada apa di lawang sewu?? Pikirku waktu. Sepi. Tapi ternyata ada beberapa tempat lawang sewu yang view nya sangat bagus buat foto-foto. Foto diatas tepat di jembatan.

pintu 1000

Foto diatas yang paling aku suka, diantara yang lain. Mungkin faktor gaya foto yang memang lebih bebas haha. Dan view pintunya yang terlihat seolah dalam foto ada pintu lagi  dan lagi.

Bangunan di lawang sewu mempunyai aura tersendiri. Aura yang seolah mengajakku keliling waktu. Tapi sempat aura mistis terasa.yahhh gimana nggak terasa?.walaupun waktu aku kesana siang bolong tetap aja. Suasana terasa sepi. Hanya ada beberapa segelintir orang.tapi semua itu nggak bakalan terasa karna aku heboh sendiri sama mba ocha.

kaca mozaik

Ya, kaca mozaik. Foto ini diambil oleh  mba ocha. Cantik kan?? Awalnya aku minta di fotoin dengan latar kaca mozaik, tapi kata mba  ocha merusak pemandangan. Haha.

cewek ngumpul, jadinya….

yup, apalagi yang diobrolin para perempuan entah itu dari mana pun asalnya, ketika para wanita sudah berkumpul, nggak bakal kelar kalau ngobrol hanya satu atau dua jam saja, dan tak pernah lengkap kalau dalam obrolan tanpa ngegosip atau dalam bahasaku ngerasani … hohoho….

kalau biasanya aku dan temen2 sering secara tiba2 kita membuka rapat mendadak… elahhh rapat jam’iyah ghibaiyyah, ini bahasa lebih kece mungkin kalau dipondok, hahaha…

hmmm… biasa nya apasih yang kita obrolin?????

jangan tanya, kita bahas tentang apa ajah, semua dilahap, semua dibahas, tanpa pilih-pilih, dari mulai ngobrolin guru paling ganteng dipondok, atau tetangga sebelah yang habib bikn hati deg-deg seeeerrr…

sering juga ngobrolin yang gaje nya nggak ketulungan, kaya kucing tetangga sebelah udah lahiran apa belum…??

ya itulah wanita, dengan segudang obrolannya nggak habis2…

apa yang kalian obrolin kalau bareng temenmu??